letakkan kode lisensi di sini

Iklan

Blogenesia
Wednesday 30 November 2016, November 30, 2016 WIB
Last Updated 2023-05-01T03:01:04Z
BeritaEntertainmentEventFashionHotelKulinerLifestyleVideo

BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

Advertisement

Ilmu atau pengetahuan secara umum dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui, baik berasal dari pengalaman ataupun pengamatan. Namun untuk menjadi seorang yang sukses sudah tentu kita membutuhkan ilmu yang sepadan dan besar pula. Tapi bagaimana caranya dapat mengingat ilmu yang sudah kita dapatkan tersebut? Pertanyaan itulah yang akan kita coba pecahkan hari ini juga.

#Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

Inti dari topik ini adalah " Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya " yang artinya bahwa untuk dapat mengingat ilmu yang telah kita terima yaitu dengan menuliskannya. Saya tahu hal ini sudah diajarkan pada setiap diri kita mulai dari kita kecil hingga sampai benar-benar bisa dalam menulis.
Serta hal ini juga merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan disekolah yaitu menuliskan pembelajaran yang mereka terima. Namun apa tujuan serta mamfaat dari menulis...? Memang hal ini menjadi pertanyaan besar bagi diri setiap orang. Tapi jangan anggap bahwa dengan menuliskan sesuatu tidak ada gunakan. Buktinya saya mendapatkan beberapa informasi berikut yang akan membuat anda tercengang.
Mamfaat menuliskan pembelajaran yang diterima

(#1). Lebih mudah mengingat

Itulah fungsi utama dari menulis yang sudah dikerjakan oleh para siswa selama ini, yaitu dengan menuliskan ilmu yang kita dapat maka kita akan lebih mudah dalam mengingat ilmu yang kita dapat karena pasalnya jika kita lupa akan suatu hal maka kita akan bisa mengulangi pembelajaran tersebut dengan membalik lembaran yang sudah kita catatkan sebelumnya.

(#2).Mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan

Dengan menulis tangan anda akan mendapatkan imajinasi-imajinasi yang akan membuat otak akan lebih cepat dalam berpikir karena dengan menulis tangan bagus sekali untuk otak kiri dan kanan anda mereka akan bergabung dan memberikan sesuatu hal yang membuat otak anda lebih beik dalam berpikir.

(#3). Meningkatkan keterampilan kognitif

Bagi anak-anak, menulis dengan tangan bisa menjadi alat dalam meningkatkan keterampilan kognitif. Jadi sangat baik sekali jika mereka mengerjakan PR mdengan menulis tangan.

(#4). Meningkatkan kreativitas

Jika anda dalam keadaan jenuh cobalah mengambil alat sederhana yang satu ini yaitu pena dan kertas kemudian cobalah untuk memainkan pena diatas kertas. Dengan begitu hal ini akan memberikan dampak positif sehingga membuat otak anda lebih kreatif.

# Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya Bukan Mengetikannya

Sebenarnya apa sih perbedaan dari menulis dan mengetik? Secara sederhana jawabannya mungkin mudah, yaitu hanya sekedar. Menulis menggunakan tangan sedangkan mengetik menggunkan keyboard yang ada dilaptop. Namun jawabannya bukan hanya sekedar itu. Melainkan memiliki perbedaan yang besar.
Karena dengan menuliskan dengan menggunakan tulisan serta pena akan memberikan stimulus atau ransangan keotak yang berbeda jauh dengan mengetik. Hal ini bukan tanpa alasan, karena dalam beberapa kasus bahwa seorang ahli forensik dapat mengetahui karakter seseorang dengan hanya melihat bagaimana gaya dari tulisan, bahkan cara bicaranya. Namun jika mengetik dengan menggunakan komputer, bagaimana cara membedakan karakter mereka??? apakah karakter kita akan keluar dan tampak melalui tulisan ketikan?

Itulah pembahasan singkat tentang  konsep " BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya " dan semoga artikel ini dapat membantu anda semua, serta terimakasih kepada http://health.kompas.com/ serta wikipedia yang telah membantu memberikan informasi tambahan.